Warisan The Beatles Untuk Inggris

 

Mungkin yang terjadi di Inggris beberapa waktu lalu ini adalah yang pertama kali di dunia. Bagaimana bisa sederet zebra cross yang menjadi tanda bagi penyeberang jalan menjadi situs warisan yang penting dan perlu diwariskan? Mungkin terdengar aneh, namun ceritanya akan lain jika zebra cross itu merupakan tempat bersejarah dari salah satu grup band paling fenomenal di dunia, The Beatles.

Ya, zebra cross yang dimaksud adalah yang berada di Abbey Road Inggris. Zebra Cross ini begitu terkenal sejak The Beatles menjadikannya sebagai salah satu tempat pemotretan untuk keperluan album mereka yang kesebelas di akhir dekade 60-an. Zebra cross yang berada di persimpangan Abbey road ini resmi mendapat status “herritage” atau warisan yang perlu dilindungi.

Herritage Ministry (Kementerian Kebudayaan) Inggris yang diketuai John Penrose mengeluarkan keputusan ini pada hari rabu (22/12) waktu setempat. Seperti dikutip dari msnbc.com, sang menteri menjelaskan penetapan keputusannya itu. “Ini adalah kesaksian yang fantastis untuk ketenaran internasional dari grup The Beatles”.

Bahkan ketenaran The Beatles dengan Abbey Road dan zebra crossnya berhasil menarik wisatawan berkunjung ke Inggris. “Sudah lebih dari 40 tahun berlalu, namun persimpangan ini terus menarik ribuan pengunjung setiap tahun, mencoba untuk meniru pose sampul album yang menjadi ikon mereka (The Beatles)”, tambah Penrose.

Paul McCartney yang juga mantan vokalis The Beatles pun angkat bicara menyambut berita itu. “Ini merupakan tahun besar bagi saya dan tahun besar bagi The Beatles, dan mendengar bahwa zebra cross Abbey Road harus dipertahankan adalah seperti menaburkan es di atas kue.”

Dalam sampul album mereka yang kesebelas, keempat personel The Beatles, Paul McCartney, John Lennon, George Harrison dan Ringo Starr diabadikan sedang menyeberangi persimpangan di Abbey Road. Album yang kemudian diberi judul “Abbey Road” ini berhasil mendapatkan penghargaan Diamond, yang setara dengan 12 kali platinum dan menduduki posisi pertama pada chart album Inggris pada tahun 1969. Bahkan, sejak versi digitalnya dirilis di iTunes pada November lalu, “Abbey Road” menjadi yang terlaris diantara album The Beatles yang lain di Amerika Serikat.

Bersejarah
Abbey Road ialah sebuah jalan kecil yang terletak di London utara. Jalanan ini menjadi terkenal di seantero jagat berkat The Beatles, yang pada tahun 1960-an merekam sekitar lebih dari 90% lagunya di Abbey Road Studios. Ini merupakan yang pertama kalinya untuk Inggris, atau bahkan di seluruh dunia, warisan budaya bukan merupakan bangunan.

Yang menjadikan hal ini spesial adalah bahwa peresmian ini dilakuakan pada bulan Desember 2010. Seperti diketahui bahwa pada bulan yang sama tiga puluh tahun lalu, John Lennon sebagai pendiri The Beatles tewas setelah ditembak oleh penggemarnya di Manhattan, Amerika Serikat.

 

Sumber : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/entertainmen/2010/12/24/2760/Warisan-The-Beatles-untuk-Inggris

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: